Jumat, 17 Januari 2014

Marinata Tour Your Travel Solutions


                                            

Pendahuluan

Kemandirian usaha tentu saja berawal dari sebuah impian untuk lebih maju dan mempunyai kebebasan financial. Banyak peluang usaha yang dapat mengantarkan kita menjadi seorang pribadi yang mandiri, hanya saja semua peluang itu tentu saja membutuhkan sebuah pandangan bisnis yang tidak sederhana.

Memutuskan untuk menjalani bisnis sendiri tentu saja sebuah keputusan yang tidak boleh main-main, karena hidup dan matinya usaha kita berada ditangan kita. Mulai dari hulu ke hilir kitalah yang mengatur usaha yang sedang kita geluti.

Didalam buku ini akan dijelaskan tentang bagaimana saja peluang bisnis tour and travel dan apa saja potensi dari bisnis ini yang dapat kita kembangkan. Semoga tulisan yang saya buat ini dapat mengantarkan kita kepada kemandirian usaha yang akan mengantarkan kita ke masa depan yang lebih baik.

BAB I
( Lingkup Permasalahan)

1.1  Bisnis yang saya pilih adalah bisnis yang bergerak dibidang pariwisata atau agen perjalanan wisata. Agen perjalanan ini bernama Marinata Tour, yang dimaksud dengan agen perjalanan wisata adalah sebuah perusahaan atau lembaga yang melahirkan sebuah jasa untuk melayani sebagian masyarakat yang sedang membutuhkan sebuah panduan atau pelayanan yang akan melakukan kegiatan wisata. Marinata Tour melayani seluruh perjalanan anda baik domestik maupun mancanegara. Bukan hanya itu saja Marinata tour juga melayani pembelian tiket maskapai baik domestik maupun mancanegara, Karena Marinata tour telah bekerjasama dengan seluruh perusahaan maskapai di seluruh dunia.

1.2  Latarbelakang lahirnya Agen perjalanan wisata Marinata tour adalah ditinjau dari beberapa aspek antara lain, yaitu:

1.      Menurut saya bisnis ini merupakan bisnis yang sederhana, karena tidak seperti yang anda fikirkan bahwa membuka bisnis tour dan travel membutuhkan modal yang sangat besar, itu semua hanya pemikiran sesaat saja karena menurut saya bisnis tour dan travel merupakan bisnis yang sederhana karena bisnis ini tidak memerlukan modal yang sangat besar dan adanya kerja sama antara kami dengan semua pihak-pihak yang melengkapi semua fasilitas dalam perjalanan wisata kami menjadikan bisnis ini menjadi bisnis yang mudah dan simple.

2. Kebutuhan perjalanan dan liburan bukan lagi kebutuhan yang mewah,karena masyarakat telah menjadikannya sebagai kebutuhan dasar pokok sebagai sarana refreshing keluargap maupun pribadi.

3. Dengan berkembangnya industry tanah air dan semakin tingginya perhatian pemerintah terhadap masyarakat sehingga membaiknya tingkat pendapatan ekonomi setiap keluarga, hal ini menjadikan masyarakat semakin berminat untuk berwisata sekaligus bertamasya atau berlibur.

4.    Dengan adanya program pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam mengembangkan seluruh potensi budayanya berefek positif pada sektor pariwisata khususnya agen tour dan travel. Karena dengan adanya itu akan terjadi banyaknya permintaan akan tiket pesawat domestik, pemesanan bus-bus pariwisata dan tentunya banyaknya juga permintaan akan penginapan dan hotel sebagai tempat menginap para wisatawan tersebut. 

1.3  Potensi yang menjadi pertimbangan mengapa saya memilih bisnis tour dan travel ini:

1.      Murahnya tiket maskapai penerbangan yang ada
Setiap tahunnya Indonesia mengalami peningkatan dan pertumbuhan pengguna jasa pesawat terbang, bahkan peningkatannya mencapai angka 15% setiap tahunnya, angka ini berkisar antara 60-70 juta penumpang setiap tahunnya.
Dalam sebuah web www.bisnis.com diterangkan bahwa adanya peningkatan jumlah penumpang pada tahun 2011 dengan perincian penerbangan domestik sebanyak 58,85 juta penumpang dan untuk rute international sebanyak 7,21 juta penumpang setiap tahunnya.

2.      Bagusnya perkembangan industry dan bisnis nasional
Perkembangan industry dan membaiknya perekonomian Indonesia belakangan ini, juga memberikan efek baik pada sektor pariwisata sehingga meningkatnya jumlah pengguna jasa pesawat terbang, dan peluang bagi jasa agen perjalanan khususnya agen tour dan travel.

3.      Adanya perkembangan dan peningkatan yang sangat signifikan industry pariwisata
Seperti keterangan sebelumnya, adanya program-program pemerinta daerah dan pusat yang bekerja sama dengan beberapa perusahaan, akhirnya industry pariwisata di tanah air menggeliat dan kebanjiran pengunjung dan tentu saja berdampak baik pada bisnis tour dan travel.

4.      Tersedianya jasa transportasi darat yang nyaman
Terlihatnya peningkatan yang sangat signifikan pada sektor pariwisata dengan banyaknya pengunjung, banyak perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam penyediaan jasa transportasi khususnya pariwisata, akhirnya juga berlomba-lomba menambah armada mereka dan tentu saja dengan jaminan kenyamanan yang maksimal.

1.4  Bisnis tour dan travel adalah bisnis yang akan tetap ada, selalu berkembang dan tidak ada matinya selama masih ada orang yang berpergian keluar daerah, keluar negeri, atau perjalanan domestic bisnis tour dan travel akan selalu ada. Hal ini juga ditunjang dengan kondisi geografis Indonesia yang dikelilingi pulau-pulau dan lautan yang sangat luas. 

Bisnis tour dan travel tidak akan pernah sepi dari pengunjungnya karena kita ketahui setiap harinya tempat wisata seperti bali, Jogjakarta, bandung, Lombok, dan sebagainya tidak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan baik domestic maupun asing.

BAB II
( Tinjauan Pustaka)

Data Primer

Menurut hasil survey menggunakan bahan kuesioner yang dibuat sedemikian rupa dalam membahas tentang bisnis tour dan travel yang dilaksanakan di 2 instansi sekolah dan di tempat-tempat umum seperti ditempat makan, ditempat nongkrong dan di tempat-tempat umum lainnya. Membuktikan bahwa 96% menyukai perjalanan wisata, 99% pernah melakukan perjalanan wisata antaranya baik domestic maupun international. Dan menurut Shodiqin yang merupakan mahasiswa Universitas Indonesia bahwa wisata atau liburan merupakan sebuah aktivitas yang paling efektif untuk menghilangkan penat. Itulah hasil dari observasi yang dilakukan pada tanggal 16 Januari 2014.

Data Sekunder

Dalam sebuah berita yang posting di Indonesia’s Official Tourism website  yaitu:
Sebuah survei dilakukan situs pencarian perjalanan global, Skyscanner. Menyebutkan bahwa trend wisata Indonesia tahun 2014  bakal mengalami pertumbuhan menggembirakan dengan maraknya wisatawan nusantara (wisnus) yang melakukan perjalanan wisata di dalam negeri.

 Tika Larasati, Manajer Pengembangan Pasar Skyscanner untuk Indonesia, di Jakarta, Jumat (20/12/2013) mengutarakan bahwa hal ini pun dipacu oleh upaya Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang semakin menggalakkan pariwisata dalam negeri.

 Diperkirakan bahwa tahun 2014 akan mengalami peningkatan perjalanan lewat udara. Hal itu sejalan dengan melonjaknya lalu lintas udara pada 2013 serta wisatawan yang bergantung pada perjalanan udara yang akan menjadi perhatian utama pariwisata di Indonesia.

Hal yang mendukung perkiraan tersebut adalah adanya 12 bandara baru yang dibuka tahun 2013, tujuh lainnya menyusul tahun 2014 dan tambahan lima bandara dibuka pada 2015. Perluasan rute akan memberi masyarakat Indonesia lebih banyak pilihan berwisata dengan pertimbangan kenyamanan, penerbangan menjadi lebih populer di 2014.

Selain pembangunan bandara baru di Tanah Air, penambahan banyak hotel-hotel mewah di daerah juga mendukung aktivitas dan peningkatan jumlah wisnus.

Memasuki tahun 2014, Skyscanner pun melakukan prediksi tren wisata tahun 2014 dimana wisata dalam negeri akan terus tumbuh khususnya liburan akhir pekan. Kebijakan cuti bersama dari pemerintah memberi tambahan hari libur akan membuat liburan akhir pekan lebih panjang dan mendorong wisata domestik untuk melancong.

Tujuan yang dipilih wisatawan diprediksi adalah yang menawarkan beragam atraksi wisata namun masih relatif dapat terjangkau biaya, budaya, bahasa dan jarak. Ada 10 besar destinasi dalam negeri yang popular dan diperkirakan banyak dikunjungi, yaitu berikut ini.

1.      Labuan Bajo
2.      Belitung (Tanjung Pandan)
3.      Pontianak
4.      Bandung
5.      MalangP
6.      Angkalpinang
7.      Mataram
8.      Bali (Denpasar)
9.      Tarakan
10.  Bandar Lampung

KESIMPULAN

Marinata Tour melayani seluruh perjalanan anda baik domestik maupun mancanegara. Bukan hanya itu saja Marinata tour juga melayani pembelian tiket maskapai baik domestik maupun mancanegara, Karena Marinata tour telah bekerjasama dengan seluruh perusahaan maskapai di seluruh dunia.

Latarbelakang lahirnya Agen perjalanan wisata Marinata tour adalah ditinjau dari beberapa aspek antara lain, yaitu:
1.      Bisnis ini merupakan bisnis yang sangat mudah dan sederhana
2.      Meningkatnya kebutuhan wisata masyarakat
3.      Berkembangnya Industri tanah air
4.      Adanya program pemerintah daerah dan pusat dalam pengembangan wisata dalam negeri

Potensi yang menjadi pertimbangan mengapa saya memilih bisnis tour dan travel ini:
1.      Murahnya tiket maskapai penerbangan yang ada
2.      Bagusnya perkembangan industry dan bisnis nasional
3.      Adanya perkembangan dan peningkatan yang sangat signifikan industry pariwisata
4.      Tersedianya jasa transportasi darat yang nyaman

Bisnis tour dan travel adalah bisnis yang akan tetap ada, selalu berkembang dan tidak ada matinya selama masih ada orang yang berpergian keluar daerah, keluar negeri, atau perjalanan domestic bisnis tour dan travel akan selalu ada. Bisnis tour dan travel tidak akan pernah sepi dari pengunjungnya karena kita ketahui setiap harinya tempat wisata seperti bali, Jogjakarta, bandung, Lombok, dan sebagainya tidak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan baik domestic maupun asing.

Menurut hasil survey menggunakan bahan kuesioner. Membuktikan bahwa 96% menyukai perjalanan wisata, 99% pernah melakukan perjalanan wisata antaranya baik domestic maupun international. Dan menurut sodikin yang merupakan mahasiswa Universitas Indonesia bahwa wisata atau liburan merupakan sebuah aktivitas yang paling efektif untuk menghilangkan penat.
Dalam sebuah berita yang posting di Indonesia’s Official Tourism website  yaitu:

Sebuah survei dilakukan situs pencarian perjalanan global, Skyscanner. Menyebutkan bahwa trend wisata Indonesia tahun 2014  bakal mengalami pertumbuhan menggembirakan dengan maraknya wisatawan nusantara (wisnus) yang melakukan perjalanan wisata di dalam negeri.

DAFTAR PUSTAKA
Kholifatul Adha, 2013, Step by Step Bisnis Tour & Travel, Buku Pintar, Yogyakarta
Ahmad Shodiqin, Mahasiswa Manajemen Universitas Indonesia
http://www.indonesia.travel/id/news










Tidak ada komentar:

Posting Komentar