Pendahuluan
Kemandirian usaha tentu saja berawal dari
sebuah impian untuk lebih maju dan mempunyai kebebasan financial. Banyak peluang
usaha yang dapat mengantarkan kita menjadi seorang pribadi yang mandiri, hanya
saja semua peluang itu tentu saja membutuhkan sebuah pandangan bisnis yang
tidak sederhana.
Memutuskan
untuk menjalani bisnis sendiri tentu saja sebuah keputusan yang tidak boleh
main-main, karena hidup dan matinya usaha kita berada ditangan kita. Mulai dari
hulu ke hilir kitalah yang mengatur usaha yang sedang kita geluti.
Didalam
buku ini akan dijelaskan tentang bagaimana saja peluang bisnis tour and travel
dan apa saja potensi dari bisnis ini yang dapat kita kembangkan. Semoga tulisan
yang saya buat ini dapat mengantarkan kita kepada kemandirian usaha yang akan
mengantarkan kita ke masa depan yang lebih baik.
BAB I
( Lingkup Permasalahan)
1.1 Bisnis yang saya pilih adalah bisnis yang
bergerak dibidang pariwisata atau agen perjalanan wisata. Agen perjalanan ini
bernama Marinata Tour, yang dimaksud dengan agen perjalanan wisata adalah
sebuah perusahaan atau lembaga yang melahirkan sebuah jasa untuk melayani
sebagian masyarakat yang sedang membutuhkan sebuah panduan atau pelayanan yang
akan melakukan kegiatan wisata. Marinata Tour melayani seluruh perjalanan anda
baik domestik maupun mancanegara. Bukan hanya itu saja Marinata tour juga
melayani pembelian tiket maskapai baik domestik maupun mancanegara, Karena Marinata
tour telah bekerjasama dengan seluruh perusahaan maskapai di seluruh dunia.
1.2
Latarbelakang lahirnya Agen perjalanan
wisata Marinata tour adalah ditinjau dari beberapa aspek antara lain, yaitu:
1. Menurut
saya bisnis ini merupakan bisnis yang sederhana, karena tidak seperti yang anda
fikirkan bahwa membuka bisnis tour dan travel membutuhkan modal yang sangat
besar, itu semua hanya pemikiran sesaat saja karena menurut saya bisnis tour
dan travel merupakan bisnis yang sederhana karena bisnis ini tidak memerlukan
modal yang sangat besar dan adanya kerja sama antara kami dengan semua pihak-pihak
yang melengkapi semua fasilitas dalam perjalanan wisata kami menjadikan bisnis
ini menjadi bisnis yang mudah dan simple.
2. Kebutuhan perjalanan dan liburan bukan
lagi kebutuhan yang mewah,karena masyarakat telah menjadikannya sebagai
kebutuhan dasar pokok sebagai sarana refreshing keluargap maupun pribadi.
3. Dengan berkembangnya industry tanah air
dan semakin tingginya perhatian pemerintah terhadap masyarakat sehingga
membaiknya tingkat pendapatan ekonomi setiap keluarga, hal ini menjadikan
masyarakat semakin berminat untuk berwisata sekaligus bertamasya atau berlibur.
4. Dengan
adanya program pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam mengembangkan
seluruh potensi budayanya berefek positif pada sektor pariwisata khususnya agen
tour dan travel. Karena dengan adanya itu akan terjadi banyaknya permintaan
akan tiket pesawat domestik, pemesanan bus-bus pariwisata dan tentunya
banyaknya juga permintaan akan penginapan dan hotel sebagai tempat menginap
para wisatawan tersebut.
1.3 Potensi yang menjadi pertimbangan mengapa
saya memilih bisnis tour dan travel ini:
1.
Murahnya tiket maskapai penerbangan
yang ada
Setiap
tahunnya Indonesia mengalami peningkatan dan pertumbuhan pengguna jasa pesawat
terbang, bahkan peningkatannya mencapai angka 15% setiap tahunnya, angka ini
berkisar antara 60-70 juta penumpang setiap tahunnya.
Dalam
sebuah web www.bisnis.com
diterangkan bahwa adanya peningkatan jumlah penumpang pada tahun 2011 dengan
perincian penerbangan domestik sebanyak 58,85 juta penumpang dan untuk rute
international sebanyak 7,21 juta penumpang setiap tahunnya.
2.
Bagusnya perkembangan industry dan
bisnis nasional
Perkembangan
industry dan membaiknya perekonomian Indonesia belakangan ini, juga memberikan
efek baik pada sektor pariwisata sehingga meningkatnya jumlah pengguna jasa
pesawat terbang, dan peluang bagi jasa agen perjalanan khususnya agen tour dan
travel.
3.
Adanya perkembangan dan peningkatan
yang sangat signifikan industry pariwisata
Seperti
keterangan sebelumnya, adanya program-program pemerinta daerah dan pusat yang
bekerja sama dengan beberapa perusahaan, akhirnya industry pariwisata di tanah
air menggeliat dan kebanjiran pengunjung dan tentu saja berdampak baik pada
bisnis tour dan travel.
4.
Tersedianya jasa transportasi darat
yang nyaman
Terlihatnya
peningkatan yang sangat signifikan pada sektor pariwisata dengan banyaknya
pengunjung, banyak perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam penyediaan jasa
transportasi khususnya pariwisata, akhirnya juga berlomba-lomba menambah armada
mereka dan tentu saja dengan jaminan kenyamanan yang maksimal.
1.4
Bisnis tour dan travel adalah bisnis
yang akan tetap ada, selalu berkembang dan tidak ada matinya selama masih ada
orang yang berpergian keluar daerah, keluar negeri, atau perjalanan domestic bisnis
tour dan travel akan selalu ada. Hal ini juga ditunjang dengan kondisi
geografis Indonesia yang dikelilingi pulau-pulau dan lautan yang sangat luas.
Bisnis
tour dan travel tidak akan pernah sepi dari pengunjungnya karena kita ketahui
setiap harinya tempat wisata seperti bali, Jogjakarta, bandung, Lombok, dan
sebagainya tidak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan baik domestic maupun
asing.
BAB II
( Tinjauan Pustaka)
Data
Primer
Menurut
hasil survey menggunakan bahan kuesioner yang dibuat sedemikian rupa dalam membahas
tentang bisnis tour dan travel yang dilaksanakan di 2 instansi sekolah dan di
tempat-tempat umum seperti ditempat makan, ditempat nongkrong dan di
tempat-tempat umum lainnya. Membuktikan bahwa 96% menyukai perjalanan wisata,
99% pernah melakukan perjalanan wisata antaranya baik domestic maupun
international. Dan menurut Shodiqin yang merupakan mahasiswa Universitas
Indonesia bahwa wisata atau liburan merupakan sebuah aktivitas yang paling
efektif untuk menghilangkan penat. Itulah hasil dari observasi yang dilakukan
pada tanggal 16 Januari 2014.
Data
Sekunder
Dalam
sebuah berita yang posting di Indonesia’s Official Tourism website yaitu:
Sebuah
survei dilakukan situs pencarian perjalanan global, Skyscanner. Menyebutkan
bahwa trend wisata Indonesia tahun 2014 bakal mengalami pertumbuhan
menggembirakan dengan maraknya wisatawan nusantara (wisnus) yang melakukan
perjalanan wisata di dalam negeri.
Tika
Larasati, Manajer Pengembangan Pasar Skyscanner untuk Indonesia, di Jakarta,
Jumat (20/12/2013) mengutarakan bahwa hal ini pun dipacu oleh upaya Kementrian
Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang semakin menggalakkan
pariwisata dalam negeri.
Diperkirakan
bahwa tahun 2014 akan mengalami peningkatan perjalanan lewat udara. Hal itu
sejalan dengan melonjaknya lalu lintas udara pada 2013 serta wisatawan yang
bergantung pada perjalanan udara yang akan menjadi perhatian utama pariwisata
di Indonesia.
Hal
yang mendukung perkiraan tersebut adalah adanya 12 bandara baru yang dibuka
tahun 2013, tujuh lainnya menyusul tahun 2014 dan tambahan lima bandara dibuka
pada 2015. Perluasan rute akan memberi masyarakat Indonesia lebih banyak
pilihan berwisata dengan pertimbangan kenyamanan, penerbangan menjadi lebih
populer di 2014.
Selain
pembangunan bandara baru di Tanah Air, penambahan banyak hotel-hotel mewah di
daerah juga mendukung aktivitas dan peningkatan jumlah wisnus.
Memasuki
tahun 2014, Skyscanner pun melakukan prediksi tren wisata tahun 2014 dimana
wisata dalam negeri akan terus tumbuh khususnya liburan akhir pekan. Kebijakan
cuti bersama dari pemerintah memberi tambahan hari libur akan membuat liburan
akhir pekan lebih panjang dan mendorong wisata domestik untuk melancong.
Tujuan
yang dipilih wisatawan diprediksi adalah yang menawarkan beragam atraksi wisata
namun masih relatif dapat terjangkau biaya, budaya, bahasa dan jarak. Ada 10
besar destinasi dalam negeri yang popular dan diperkirakan banyak dikunjungi,
yaitu berikut ini.
1.
Labuan Bajo
2.
Belitung (Tanjung Pandan)
3.
Pontianak
4.
Bandung
5.
MalangP
6.
Angkalpinang
7.
Mataram
8.
Bali (Denpasar)
9.
Tarakan
10. Bandar Lampung
KESIMPULAN
Marinata Tour melayani seluruh perjalanan anda
baik domestik maupun mancanegara. Bukan hanya itu saja Marinata tour juga
melayani pembelian tiket maskapai baik domestik maupun mancanegara, Karena Marinata
tour telah bekerjasama dengan seluruh perusahaan maskapai di seluruh dunia.
Latarbelakang
lahirnya Agen perjalanan wisata Marinata tour adalah ditinjau dari beberapa
aspek antara lain, yaitu:
1.
Bisnis ini merupakan bisnis yang sangat
mudah dan sederhana
2.
Meningkatnya kebutuhan wisata masyarakat
3.
Berkembangnya Industri tanah air
4. Adanya
program pemerintah daerah dan pusat dalam pengembangan wisata dalam negeri
Potensi
yang menjadi pertimbangan mengapa saya memilih bisnis tour dan travel ini:
1. Murahnya
tiket maskapai penerbangan yang ada
2. Bagusnya
perkembangan industry dan bisnis nasional
3. Adanya
perkembangan dan peningkatan yang sangat signifikan industry pariwisata
4. Tersedianya
jasa transportasi darat yang nyaman
Bisnis
tour dan travel adalah bisnis yang akan tetap ada, selalu berkembang dan tidak
ada matinya selama masih ada orang yang berpergian keluar daerah, keluar
negeri, atau perjalanan domestic bisnis tour dan travel akan selalu ada. Bisnis
tour dan travel tidak akan pernah sepi dari pengunjungnya karena kita ketahui
setiap harinya tempat wisata seperti bali, Jogjakarta, bandung, Lombok, dan
sebagainya tidak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan baik domestic maupun
asing.
Menurut
hasil survey menggunakan bahan kuesioner. Membuktikan bahwa 96% menyukai
perjalanan wisata, 99% pernah melakukan perjalanan wisata antaranya baik domestic
maupun international. Dan menurut sodikin yang merupakan mahasiswa Universitas
Indonesia bahwa wisata atau liburan merupakan sebuah aktivitas yang paling
efektif untuk menghilangkan penat.
Dalam
sebuah berita yang posting di Indonesia’s Official Tourism website yaitu:
Sebuah survei dilakukan situs
pencarian perjalanan global, Skyscanner. Menyebutkan bahwa trend wisata
Indonesia tahun 2014 bakal mengalami pertumbuhan menggembirakan dengan
maraknya wisatawan nusantara (wisnus) yang melakukan perjalanan wisata di dalam
negeri.
DAFTAR PUSTAKA
Kholifatul
Adha, 2013, Step by Step Bisnis Tour & Travel,
Buku Pintar, Yogyakarta
Ahmad
Shodiqin, Mahasiswa Manajemen Universitas Indonesia
http://www.indonesia.travel/id/news
Tidak ada komentar:
Posting Komentar